Membangun Hobi Baru Selama Masa Pandemi Covid-19

Tidak terasa, sudah lebih dari setahun kita menjalani hari-hari bersama dengan Covid-19, suka duka sudah kita lalui, beragam emosi juga sudah berkecamuk, aku sendiri sudah merasakan bagaimana rasa ups and down merasa kesepian dan kesendirian akibat tinggal merantau di Jakarta, dan jauh dari orang tua jauh dari keluarga di kampung halaman.

Beragam cara untuk menghilangkan rasa bosan dan menjaga kewarasan pikiran sudah coba ku lakukan, mulai dari ngobrol online dan nobar online bersama teman-teman, membuat podcast sebagai tempat sambat karena corona, memulai olahraga, mencoba menu-menu yang hits selama masa pandemi, mulai dari dalgona coffee, es krim, rolled oat brownie, menjalani diet rendah kalori sampai meracik minuman-minuman ala-ala coffee shop!

Dan, sekarang sepertinya aku ingin mencoba hobi baru, bermain musik mungkin? Katanya, musik juga bisa menyeimbangkan emosi kita bukan?! Dari beragam alat musik sepertinya main drum seru dan asik yaa dicoba di masa pandemi seperti sekarang ini. Kalau main drum, selain bermain musik bisa juga kan sekalian meluapkan emosi, alih-alih marah-marah dan teriak karena merasa mood swing kita bisa memukul-mukul drum buat looping out stress selama masa PPKM darurat nih!

Setelah mencoba berselancar mencari-cari informasi seputar drum ternyata ada banyak jenisnya ya, mulai dari drum akustik sampai drum elektrik. Setelah membaca-baca referensinya, sepertinya drum elektrik ini lebih praktis dan cocok deh sama kebutuhanku, karena ada banyak kelebihan dari drum elektrik ini:

Drum Elektrik
Sumber Foto: BP Guide


Bentuknya Ringkas

Ternyata drum elektrik punya bentuk yang lebih ringkas dibandingkan dengan drum akustik loh! Karena bentuk drum elektrik lebih sederhana dari bagian snare, tom, flor, hi-hat, crash dan bass drumnya berukuran lebih kecil dibanding drum akustik. Tentu, jika kita tinggal di tempat yang minimalis juga sangat membantu dan menghemat ruang ya. Dengan model yang minimalis, tentu saja drum elektrik lebih mudah untuk dipindah kemana saja.

Tidak Perlu Ditunning

Drum elektrik tidak perlu ditunning lagi loh sebelum dimainkan, jadi ga ribet kan? Tidak seperti penggunaan drum akustik yang harus ditunning terlebih dahulu sebelum dimainkan agar suaranya pas dan enak. Suara drum elektrik ini sudah standar jadi kita bisa langsung main saja ya.

Tidak Terlalu Berisik

Biasanya kalau pukul-pukul drum terdengar suara yang kencang dan berisik yaa. Tapi, jika menggunakan drum elektrik suaranya tidak terlalu berisik, jadi tetap aman bermain di dalam rumah tanpa takut mengganggu orang-orang sekitar yaa. Selain itu, kita bisa juga menggunakan headset sait main drum elektrik, sehingga hanya kita saja yang mendengarhan suara drumnya, sudah pasti tidak mengganggu orang-orang sekitar deh.

Lebih Hemat

Kalau kita merpertimbangkan harga dan masa pemakaiannya, tentu drum elektrik bisa dibilang lebih hemat, karena meskipun harganya lebih mahal dari pada drum akustik tapi jauh lebih awet dan bertahan lebih lama dibandingkan drum akustik. Bagian stick drumnya pun lebih awet karena penampang drum elektrik terbuat dari bahan karet dan tidak keras sehingga tidak akan membuat stick drum cepat patah.

Jika membeli drum elektrik juga sudah dilengkapi dengan simbal jadi tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli simbal. Juga, sudah tersedia metronome untuk setting drum dan bisa langsung kita pakai untuk hasil dan kualitas suara yang lebih baik.

Ahh, membayangkannya saja aku sudah tidak sabar untuk membeli drum elektrik dan memulai hobi baru di masa pandemi yang belum tahu sampai kapan akan berakhir.

15 comments

  1. Bermain musik bisa bikin pikiran tenang. Waktu saya kerja di luar negeri, banyak orang tua yang memasukkan anak les musik. Mereka bilang musik bisa bikin rileks, sekaligus membuat otak makin bisa "bekerja"

    ReplyDelete
  2. Bermain drum kayaknya bisa jadi sarana menghempaskan emosi wkwk
    Tapi keren lho bermain drum, ga semua orang mau dan bisa. Bermain musik bisa mengasah perasaan menjadi lebih halus ya katanya.
    Kalau aku ga bisa dan ga mau bermain musik, lebih suka sebagai penikmat saja. Makanya suka denger bermacam jenis musik dan lagu. Bawaannya happy aja gitu.

    ReplyDelete
  3. Nggak gampang sih main drum. Saya malah seringnya nyoba di aplikasi. Dulu pas SMA pernah sih nyobain main drum, tapi karena nggak bakat kali ya, jadi tetap memilih jadi vokalis saja.

    ReplyDelete
  4. wah iya, emang salah satu hikmah pandemi itu bisa membuat kita lebih menyalurkan hobi
    termasuk hobi main drum ini ya mbak

    ReplyDelete
  5. Asik-asik hobi nya keren yah. Hobi-hobi baru banyak bermunculan di tengah masa pandemi

    ReplyDelete
  6. Wahh keren banget kalau punya hobby dan passion di musik apalagi bisa main drum. Dari dulu saya pengen banget bisa memainkan salah satu alat musik, belum kesampaian belajar sampai sekarang nih, pandemi justru membuat saya jdi lebih produktif huhu

    ReplyDelete
  7. musik itu bisa meredakan stress, pikiran jadi tenang, bawaannya happy. lagi pandemi gini pas banget nih ganti hobi ke main musik. aku jg jadi pengen beli gitar kecil huhu.

    ReplyDelete
  8. Pandemi ini memang ujian banget bagi orang yang hobi traveling.
    Setuju, ga hanya kesehatan fisik tapi kita perlu jaga kewarasan atau kesehatan mental dengan cari hobi baru. Saya suka musik tapi mpe sekarang kayaknya paling enggak bisa memainkan alat musik. Dulu belajar gitar, gagal. Kalau drum, pernah pegang drum saat marching band, tapi pasti beda dengan drum set kayak gini.

    ReplyDelete
  9. Wah keren nih pilihan hobi barunya. Mau main drum, mantap sih itu. Harus mengkolaborasikan koordinasi otak, gerak, dan pendengaran. Kak Wulan nih selalu kece dan inspiratif. Nggak takut untuk mencoba hal-hal baru.

    ReplyDelete
  10. Wah kok jadi inget jaman masih mudah sok sokan ingin bikin band2an hahaha.


    Aku suka pukul2 meja istilahnya kelotekan.

    Nah yang pas kalo diband itu ya mukul drum ini ya.

    Menarik kak ulasannya buat referensi nih

    ReplyDelete
  11. Salah satu dampak positif pandemi memang memberikan kita kesempatan untuk berpikir lebih kreatif untuk menciptakan kegiatan dan hobi baru ya. Membangun hobi baru seperti bermain musik, khususnya drum eletrik ini sepertinya oke juga dijadikan pilihan, apa lagi ada beberapa kelebihannya juga ya.

    Terima kasih atas tulisannya, Kak.

    Salam hangat.

    ReplyDelete
  12. Aku main gitar aja bertahun2 belajar gak bisa2 hahahahaha udah lah karokean aja teriak2 bisa lepas beban jg. Kalo main musik skip aja aku mah 🤣

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya, anak sulung kami yg 10 tahun, seneng dengan drum. Tapi ya, kami ngga bisa mengakomodir di rumah, karena kami tinggal di rumah kecil yang dempet2an ama tetangga. ahhaha. nasib ya kak. :D

    ReplyDelete
  14. Musik memang salah satu media yang cukup efektif dalam menghilangkan stress. tidak hanya itu dengan mendengarkan musik dan memainkan musik akan lebih rileks dan melupakan perihal yang menyulitkan dalam hidup.

    ReplyDelete
  15. Wah saya juga minat untuk mencoba bermain musik, sepertinya seru juga drumb elektrik ini. Oh yah, untuk teman-teman yang ingin mencari tempat untuk guest post bisa banget loh, di web kami Yoexplore . co . id

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation