Siap Pintar di Masa Pandemi

Masa-masa pandemi memang memberikan tantangan di setiap aktivitas kehidupan ya, tak terkecuali untuk urusan pendidikan. Satu setengah tahun dunia pendidikan dihajar dengan metode pembelajaran virtual maupun hybrid, gabungan antara belajar online maupun tatap muka langsung. Metode pembelajaran yang tentu masih sangat awam bagi sebagian besar tenaga pendidik, siswa juga tentunya tantangan tersendiri bagi para orang tua.

Aku sendiri seorang pekerja yang sudah cakap dan terbiasa dengan dunia digital merasa kewalahan ketika dipaksa belajar online di tengah waktu studi magister ku dua tahun terakhir, bukan karena metodenya, tetapi karena padatnya durasi belajar, kejenuhan screen time penggunaan gadget sehari penuh, padatnya tugas setiap mata kuliah hingga koordinasi-koordinasi tambahan yang harus dilakukan dengan teman belajar kelompok. Apa kabarnya siswa-siswi PAUD, Sekolah Dasar, dan Sekolah-sekolah menengah? Pastinya punya keluh kesah yang muncul selama pembelajaran daring.

Belajar daring selama kuliah

Sebagai contoh, aku memiliki dua keponakan yang sekarang duduk di kelas 4 dan 5 sekolah dasar, namun dengan lokasi yang berbeda, ternyata tuntutan dan beban pembelajarannya pun berbeda. Ghifa, keponakanku kelas 4 SD yang bersekolah di Jakarta, menurutku punya beban-beban belajar yang ‘agak lebih berat’ dengan Bening, keponakan yang bersekolah di kampung halamanku, Kabupaten Tegal. Seringkali orang tua Ghifa meminta bantuan untuk pelajaran-pelajaran sekolah yang sulit dimengerti terutama Bahasa Inggris. Ya mungkin, karena adanya keterbatasan pengetahuan orang tua saat mendampingi belajar online dan juga keterbatasan penyampaian pelajaran dari tenaga pengajarnya. Sebagai informasi tambahan, keponakanku Ghifa mengikuti pelajaran daring penuh sejak ditetapkan belajar daring, hingga semester lalu. Bisa dipahami, Bahasa Inggris bukan Bahasa Ibu kita, dan belum pernah pula mengikuti kursu-kursus sebelumnya. Mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi momok tersendiri bagi keponakanku yang satu ini.

Ghifa belajar di rumah

Lain halnya persoalan yang dihadapi Bening, keponakanku di kampung. Orangtuanya jarang meminta bantuan padaku perihal tugas-tugas sekolah, sesekali hanya bertanya dan ingin memastikan cara perhitungan dan jawaban-jawaban matematika yang sudah dilakukan sudah benar. Mungkin, karena ada perbedaan kebijakan metode belajar juga ya. Beruntungnya, Bening masih mendapatkan kesempatan belajar hybrid, online via WhatsApp Group dan juga beberapa kali dalam seminggu ada Pertemuan Tatap Muka ke Sekolah. Mungkin metode hybrid ini menjadi salah satu faktor ya, Bening bisa lebih survive dan lebih mudah memahami pelajaran sekolahnya selama masa pandemi.

Bening belajar dengan metode hybrid di Sekolah

Tapi, tetap saja ya baik metode belajar daring maupun hybrid memiliki tantangannya masing-masing, dan terkadang siswa-siswi pun memerlukan bantuan pengajaran pendamping. Di masa pandemi seperti sekarang ini ya tentu saja opsi terbaik untuk membantu siswa-siswi siap pintar ya dengan bantuan situs belajar online.

Salah satu situs belajar online yang bisa menjadi pilihan terbaik orang tua ya Kelas Pintar. Metode pembelajaran yang ditawarkan Kelas Pintar yang paling ku suka adalah Metode Pintar dan Personal. Karena memang ya masing-masing siswa punya preferensi dan cara belajar yang berbeda-beda, kedua keponakanku saja, punya cara belajar dan daya tangkap yang berbeda. Metode pendekatan Personal yang digunakan Kelas Pintar dalam menyampaikan materi dilakukan dengan penyesuaian karakter siswa, baik melalui Visual, Audio ataupun Kinestetik.

Selain pendekatan Personal, Kelas Pintar pun berupaya memastikan kurikulum Pendidikan di Indonesia bisa diserap oleh siswa-siswi bimbingan Kelas Pintar dengan menggunakan metode pembelajaran Pintar, dengan pendekatan Learn, Practice dan Test.

Dengan sistem pembelajaran Personal dan Pintar, situs belajar online Kelas Pintar yang dibuat terintegrasi dan didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tentu dapat menunjang siswa-siswi mendapatkan nilai akademis yang lebih baik, semua siswa siap pintar di masa pandemi!

Situs belajar online Kelas Pintar juga berupaya mengintegrasikan murid, guru dan orang tua untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa melalui platform belajar online yang terintegrasi. Platform belajar online Kelas Pintar memiliki fitur rekaman proses belajar siswa untuk digunakan sebagai bahan analisa bagi guru, orang tua dan sekolah dalam memahami karakter, potensi dan kesulitan siswa dalam belajar.

Banyak fitur solusi belajar yang ditawarkan sebagai penunjang proses pembelajaran:

  1. Program Kelas Pintar Regular dengan materi pembelajaran berupa video pembelajaran, soal latihan dan simulasi ujian.
  2. Ada pula fitur TANYA sebagai solusi cepat jika ada ada pertanyaan-pertanyaan seputar mata pelajaran siswa.
  3. Tersedia pula bank SOAL untuk melatih kemampuan siswa sebelum mengikuti ujian.
  4. Dan yang menarik, ada pendampingan GURU dari Kelas Pintar selama siswa belajar di rumah saja loh!


Cara bergabung dan mengikuti program Kelas Pintar pun sangat mudah dengan Langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi Kelas Pintar di iOS atau di PlayStore
  2. Buat akun Kelas Pintar
  3. Masukkan data diri
  4. Pilih kelas; dan
  5. Mulai belajar dengan Kelas Pintar.

Semakin mudah mendapatkan bimbingan belajar bukan? Jangan jadikan pandemi sebagai alasan dan hambatan belajar yaa, tetap semangat para orang tua, tenaga pengajar dan murid-murid!

 


28 comments

  1. Asyik ya Kelas Pintar ini, mengakomodir banget kebutuhan buat belajar mengajar apalagi dalam sikon masih pandemi ini. Pas deh

    ReplyDelete
  2. Memang pembelajaran jarak jauh ini jadi tantangan juga buat orang tua juga, Kak. Senang deh aku, sekarang ada situs belajar online yang bisa membantu orang tua juga. Apalagi ada pilihan metode belajar yang sesuai kebutuhan dan kenyamanan siswa. Orang tua jadi bisa bernapas lebih lega lagi karena ada situs Kelas Pintar yang membantu untuk proses pembelajaran anak-anak di rumah.

    ReplyDelete
  3. Betul sekali, Mbak. Belajar daring bagi anak-anak penuh tantangan. Krucil saya pun mengalami. Sebabnya, anak-anak itu bagusnya dijelaskan secara langsung. Kalau lewat daring, dijamin tidak langsung mudeng. Belum gangguan lingkungan yang kadang berisik. Misalnya ada tetangga lagi memperbaiki rumah dan sebagainya. Makanya perlu penunjang lain. Misalnya aplikasi kelas pintar ini. Jadi anak-anak dapat tambahan amunisi belajar.

    ReplyDelete
  4. iya, dengan Kelas Pintar ini anak bisa makin pintar belajar
    baik saat belajar di rumah, maupun di sekolah
    anakku juga sudah aku ajak ikut Kelas Pintar ini mbak

    ReplyDelete
  5. Nah kalau sudah ada aplikasi kayak gini terus bisa digunakan secara hibrid jadinya bakal lebih mendukung juga sih dari segi guru, anak dan orang tua.

    ReplyDelete
  6. Asik ya makin banyak alat untuk membantu belajar daring pkus sinergi antara murid, guru dan orangtua jd beban belajar dipikul bareng

    ReplyDelete
  7. Senang rasanya, sekarang banyak terbantu mendampingi anak belajar dengan aplikasi seperti kelas pintar ini ya mbak. Apalagi cara menggunakannya juga mudah

    ReplyDelete
  8. Emang bosen banget seharian natap layar ya kak, apalagi anak-anak.
    Wah Kelas Pintar ini bisa menjadi solusi ya untuk kebutuhan belajar anak-anak di rumah

    ReplyDelete
  9. Duh iya bangett aku jg bosen kalau ada webinar yang sampe lebih dari 3 jam. gimana anak2 cobaa. untung yaah ada kelas pintar ini

    ReplyDelete
  10. Masing-masing anak memang istimewa yaa..
    Dan dengan melihat keistimewaannya ini, orangtua bisa memfasilitasi belajar anak agar lebih efektif, yakni dengan mengikuti kelas belajar online, Kelas Pintar.

    Semoga setiap anak Indonesia bisa menjadi anak yang cerdas, generasi penerus bangsa yang cemerlang.

    ReplyDelete
  11. Kelas begini memang membantu banget ya buat anak belajar. Tuntutan di daerah sama kota memang beda tp yg di daerah jg ga boleh patah semangat

    ReplyDelete
  12. Dukungan Kelas Pintar ini gak membuat bete anak-anak sih ya karena teknik belajarnya sehingga dapat mendukung pelajarannya di sekolah

    ReplyDelete
  13. Wuiih keren itu sekolahnya, pake komputer sendiri-sendiri ya. Les buat anak sekarang bisa online juga karena udah terbiasa online.

    ReplyDelete
  14. Pembelajaran jarak jauh memang menjadi tantangan sendiri bagi anak didik dan orang tua atau pendampingnya. Misalkan aku yang selama ini mendampingi adikku. Kadang merasa jengkel gitu.

    Nah kalau ada aplikasi kursus yang melakukan pendekatan secara personal kepada peserta didik tentu menjadi lebih mudah. Berasa punya pasukan untuk menghandle adik. Kelas Pintar memang terbaik.

    ReplyDelete
  15. Ternyata belajar di Kelas Pintar itu sangat menyenangkan ya kak. Apalagi kurikulumnya langsung disesuaikan dengan siswa. Jadi kurikulumnya akan kena sasaran banget buat anak didiknya. Metode belajar daring seperti ini ke depan sepertinya masih menjadi tren ya kak. Meski sekolah udah mulai luring lagi, tapi pelatihan2 akan marak di situs belajar online kayak gini, terutama Kelas Pintar.

    ReplyDelete
  16. Belajar daring ini emang tantangan banget, tantangan buat murid, orang tua dan guru juga. Jujur sebagai orang tua aku merasakan kewalahan, apalagi kalau guru menyampaikan cuma lewat VN. duh, aku kudu menjelaskan sampai anaknya ngerti.

    ReplyDelete
  17. Kemajuan teknologi saat ini membuka banyak sekali kesempatan untuk belajar banyak hal ya, termasuk kemudahan dalam belajar. Kelas pintar ini menurutku bagus banget, bisa bantu anak-anak juga untuk menambah pengetahuan dan bisa bantu proses mereka belajar materi pelajaran di sekolah juga

    ReplyDelete
  18. Banyaknya platform yang menyediakan bimbingan belajar bagi siswa perlu diapresiasi ya. Akhirnya beban pelajaran sekolah lebih ringan daripada sebelumnya

    ReplyDelete
  19. Urusan belajar online selalu ada cerita deh
    Mulai dari anak yang kurang fokus, males ngerjain tugas, sudah bangun pagi dll
    Memang harusnya diikutkan dalam kelas yang menyenangkan biar semangat belajarnya
    Coba deh nanti ankku mau didaftarin ke kelas pintar juga

    ReplyDelete
  20. Jaman serba digital, melahirkan inovasi di segala bidang. Satu diantaranya pembelajaran, yang semakin efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  21. Tehnologi melahirkan inovasi, termasuk dalam kegiatan belajar mengajar. Kini banyak aplikasi mendukung PJJ.

    ReplyDelete
  22. Bimbel di saat pandemi memang membantu banget. Pengalaman anak-anak saya, mereka lebih suka belajar melalui bimbel. Karena memang sepertinya bimbel lebih siap dengan konsep belajar online

    ReplyDelete
  23. Keren yaa, di masa-masa seperti ini jadi tetap bisa belajar dengan lancar dan menyenangkan. Dan aku setuju banget, masa pandemi ini bukanlah hambatan! :D

    ReplyDelete
  24. Kehadiran platform seperti Kelas Pintar ini sangat membantu para siswa dalam menjalani pembelajaran jarak jauh ya. Harapannya, meski tak bisa bertatap muka, siswa tetap mampu secara optimal belajar melalui bantuan platform digital ini

    ReplyDelete
  25. platform Kelas Pintar sangat membantu anak untuk belajar, sedikit lega sama aplikasi ini seenggaknya meringankan orangtua yang mendampangi anaknya sekolah daring.

    ReplyDelete
  26. Keren yah Kelas Pintar ini anak bisa makin pintar walaupun belajar daring di masa pandemi saat ini

    ReplyDelete
  27. Wah seneng ya ada aplikasi Kelas Pintar, belajar online jadi lebih mudah dan terarah deh.

    ReplyDelete
  28. wah aku baru tau ada situs belajar online kelas pintar ini xD asik ya, ada solusi guru, solusi orang tua, dan soal2. bisa berlangganan dan ada video2 rekaman juga.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation