Upskilling Public Speaking Skill dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

TAHU GA SIH, ORANG-ORANG CUMA BUTUH WAKTU 7 DETIK UNTUK MENENTUKAN, APAKAH LAYAK BERBINCANG DENGAN KITA?!

Masa pandemi sekarang ini memang menuntut kita untuk terus beradaptasi dan kuat bertahan menjalani hari-hari yang penuh keterbatasan karena risiko penularan Covid-19. Selama kurang lebih dua tahun menjalani hari-hari dengan kebijakan PSBB hingga PPKM di ibu kota terasa sekali tuntutan pergeseran budaya kerja, tuntutan content creator dan budaya pembelajaran serba daring. Bisa dibilang karena pandemi Covid-19, pergerseran dan tuntutan digital skill semakin cepat dan kita harus siap upscalling dan reskilling digital skill untuk beradaptasi dan berusaha survive di dunia kerja masa mendatang yang tak terpisahkan dengan dunia digital.

Selama masa rapat-rapat online dengan mitra-mitra kerja dan masa kuliah daring aku dituntut untuk menyiapkan presentasi yang baik dan penyampaian presentasi yang menarik. Oleh karenanya, pembuatan konten presentasi dan meningkatkan kemampuan public speaking harus diasah agar bisa menyampaikan materi presentasi kerja dan presentasi tugas-tugas kuliah dengan baik dan dapat diterima serta dipahami oleh audience, baik rekan kerja, dosen maupun teman-teman kuliah lainnya.

Selain kebutuhan persiapan materi presentasi dan public speaking yang bagus untuk menyampaikan materi dengan baik. Sebagai pegiat content creator pun aku mengikuti perkembangan tren konten di sosial media, nyatanya selama masa pandemi pun konten-konten audio-video visual menjadi konten yang digemari sebagai hobi warganet yang dijalani selama masa pandemi, jika kita sebagai content creator juga mau bertahan dan terus berkembang mengikuti perkembangan dan tuntutan tren yang sedang berkembang, pun harus upscalling dan reskilling public speaking skill untuk membuat konten audio-video visual.

Public Speaking & Story Telling

Karena kebutuhan upskilling public speaking skill tersebut aku mencoba mencari-cari kursus online seputar public speaking dan tips-tips presentasi yang baik dan menarik perhatian audicence akhirnya aku menemukan beberapa kursus yang relate dengan kebutuhanku di aplikasi siap kerja QuBisa. Karena memang sedang mengejar kebutuhan upskilling public speaking skill aku coba saja langsung membaca resume kursus online gratis QuBisa dan menonton video "Cara Membuka Presentasi yang Efektif dan Memikat" yang dibawakan oleh Abdul Latief seorang praktisi, akademisi penulis dan public speaker. Kemampuan public speaking yang bagus tentu bisa menjadi salah satu cara meningkatkan personal branding kita ke public bukan?!

Kursus Online Gratis Public Speaking di Aplikasi Siap Kerja QuBisa

FIRST IMPRESSION!

Rilis terbaru dari Psychology Today, orang hanya butuh waktu 7 detik untuk menentukan apakah layak untuk berbincangn dengan kita, apakah kita orang yang kredibel sebagai pembicara. Kesan pertama begitu menggoda? Atau bahkan kesan pertama begitu menyeramkan atau membahayakan?

CONTEXT, CONTENT, CONCLUSION

Dalam menyiapkan materi presentasi pun kita harus memperhatikan unsur 3C, Context, Content dan Conclusion dari materi yang ingin disampaikan. Selain persiapan konten yang memadai dan relate dengan tujuan penyampaian materi, kita pun tidak boleh terlena dengan konteks apa yang sedang berjalan dan berupaya disampaikan dalam sebuah materi presentasi, karena terjadinya miss leading penyampaian konteks juga bisa menjadi kesalahan pemahaman audience terhadap paparan materi kita.

20 PLUS 1 TIPS PUBLIC SPEAKING YANG MENARIK!

Dalam video kursus online gratis yang tersedia di aplikasi belajar online QuBisa bertemakan public speaking, Abdul Latief memberikan 20 tips membuka presentasi dengan cara yang efektif dan memikat plus satu tips yang tidak terbatas untuk dieksplorasi, check it out!

Kursus Online Gratis QuBisa

1. Gunakan Data/Statistik/Survey

Pemanfaatan data/statistik atau pun hasil survey dalam membuka sesi presentasi menjadi hal yang akan menarik perhatian dan fokus audience terhadap presentasi kita, tentunya dengan gaya public speaking yang meyakinkan dan pede juga yha! Eits, tapi perlu dicermati yaa sumber dari data-data yang digunakan. Ketika membuka presentasi dengan data, kita harus menggunakan sumber data yang kredibel dan terpercaya, lebih baik jika sumber data tersebut juga turut disebutkan saat presentasi ya. Paparan data yang mengejutkan akan menarik perhatian audience terhadap kita loh! Riset menjadi kunci penting nih kalau mau menggunakan tips ini saat menyampaikan presentasi.

2. Gunakan Kutipan/Kata Bijak/Quotes dari Tokoh Terkenal

Kata-kata kutipan dari para tokoh terkenal terkadang bisa saja menyentil atau bahkan memberikan motivasi bagi para audience, sehingga tips ini bisa menjadi salah satu cara yang kita lakukan untuk membuka presentasi kita loh! Kita bisa memanfaatkan kuote-kuote tokoh yang relate dengan tema atau tujuan presentasi atau pun menggunakan petuah-petuah dari kitab suci agama tertentu sesuai dengan segmen audience.


3. Gunakan Aksi Fisik

Kalau kita memiliki kemampuan untuk melakukan aksi fisik, misalnya saja menari, sulap, silat, senam atau gerakan lainnya, dalam sesi-sesi tertentu bisa dilakukan sebagai shocking activities untuk membuka presentasi dan menarik perhatian audience.


4. Gunakan Analogi

Cerita-cerita analogi yang berkelindan dan erat dengan cerita kehidupan keseharian audience bisa digunakan untuk menarik perhatian audience. Misalnya saja analogi rajinnya ayam mencari makan di pagi hari yang bisa saja menjadi tamparan agar kita bisa lebih rajin dan ulet bekerja.


5. Gunakan Alat Peraga/Alat Bantu

Penggunaan alat peraga dalam menjelaskan dan memaparkan materi yang kita sampaikan akan menjadi lebih berkesan dan terpatri dalam memori audience. Terlebih jika materi presentasi merupakan sesuatu yang teknikal.


6. Gunakan Anekdot/Humor

Skill humor atau stand up comedy bisa menjadi nilai tambah dan penarik perhatian audience sebagai ice breaking dan mencitrakan diri kita sebagai diri yang fleksibel dan ramah. Namun perlu diingat yaa, kita perlu memilih dan memilih jenis konten humor yang disampaikan jangan sampai menyinggung SARA, pornografi dan hal-hal sensitif yang sekiranya menyinggung audience.


7. Gunakan Pertanyaan

Melemparkan pertanyaan kepada audience juga bisa membuka dan memulai interaksi dengan audience supaya terbangun chemistry terlebih dahulu sebelum presentasi dimulai.

8. Gunakan Sikap Diam Diri Beberapa Saat

Saat kondisi audience tidak kondusif, kita bisa loh menggunakan trik ini, diam beberapa saat hingga audience bisa mengkondisikan diri dan tenang kembali.


9. Gunakan Ekstrasi / Kutipan Berita yang Aktual

Ekstraksi atau kutipanberita tentang berita yang aktual dan kedekatan dengan audience bisa menjadi hal yang menarik bagi audience. Hal-hal menarik tersebut bisa menjadi pembukaan di awal presentasi.


10. Gunakan Contoh

Contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk membuktikan teori dengan metode induksi. Melemparkan contoh dan mengajak audiens untuk berdiksusi dalam pemaparan materi kita.


11. Gunakan Kisah Pengalaman Pribadi

Pengalaman-pengalaman menarik yang dialami dan bisa menjadikan percontohan sesuai dengan tema atau tujuan materi yang ingin disampaikan bisa menjadi bridging session untuk menyampaikan materi-materi yang akan kita sampaikan.


12. Gunakan Kesaksian dari Para Ahli

Kesaksian dari para ahli dan kutipan para ahli bisa memberikan kekuatan materi presentasi kita kepada audience. Atau pun kita bisa mendatangkan sesorang yang bisa menjadi contoh atas kesuksesan yang telah dijalani.


13. Gunakan Trik Sulap

Siapa yang tidak suka dengan gimmick-gimmick sulap di tengah upaya membangun bounding dengan audience yaa, trik sulap dapat menjadi salah satu gimmick aktivitas yang memukau dan menarik perhatian audience terhadap kita sebagai public speaker. Yha tapi untuk menerapkan trik ini, kita perlu ya untuk mempelajari trik-trik sulap mudah dan sederhana yang bisa kita terapkan saat kita menjadi pembicara.


14. Gunakan Lagu

Penggunaan lagu sesuai dengan tema presentasi bisa juga dipergunakan untuk menjadi gimmick opening presentasi loh. Atau lagu-lagu yang sesuai dengan tema presentasi yaa misalnya saja tema refleksi diri, atau lagu semangat untuk membangun mimpi.

15. Gunakan Video Singkat

Ajakan menyaksikan video singkat tentang perjuangan, company profile, profile diri kita atau teaser materi yang akan kita sampaikan dalam bentuk video.


16. Gunakan Slide Presentasi Menarik

Kemasan materi presentasi dan visualisasi presentasi juga menjadi poin penting untuk menarik perhatian audience loh. Sekarang, di jaman yang serba digital tersedia banyak platform yang bisa kita manfaatkan untuk membuat slide presentasi yang cantik dan menarik.

17. Gunakan Sajak, Puisi atau Pantun

Pembacaan sajak, puisi atau pantun juga bisa kita manfaatkan untuk membuka presentasi sesuai kebutuhan yha.


18. Berikan Janji atau Jaminan

Kalimat penawaran janji atau jaminan untuk mendapatkan informasi yang penting dan bisa mengubah diri para audience untuk membangkitkan inner motivation para audience juga bisa menjadi kalimat pembuka presentasi.


19. Ajak Audiens Melakukan Sesuatu

Mengajak audience untuk berdiri sembari meneriakkan yel-yel layakanya motivator  juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengajak audiens terlibat dalam sesi presentasi.


20. Gunakan Shocking Activity/Statement

Aktivitas yang mengagetkan audiens bahkan membuat panik seketika di awal presentasi pun pernah dilakukan oleh Bill Gates lho, Ia membawa toples berisikan nyamuk dan membuka tutup toples sembari mengatakan bahwa nyamuk-nyamuk tersebut adalah nyamuk malaria yang langsung mengagetkan dan membuat kepanikan para audiens. Di tengah kepanikan tersebut, Bill Gates menetralisir bahwa hal tersebut hanyalah shocking activity dan bukanlah nyamuk malaria sebelum memasuki materi tentang kampanye program penanggulangan beragam penyakit.

21. GUNAKAN KREATIVITAS TAK TERBATAS YANG KITA MILIKI!

Kreativitas kita adalah kemampuan yang selalu bisa diasah dan menyesuaikan dengan perkembangan dan tren yang terus berjalan di era digital sekarang ini. Sehingga kebebasan kreativitas menjadi modal penting yang tak terbatas dan tak terhingga untuk mendukung kemampuan public speaking kita guys! Kreativitas senantiasa harus diasah dan mau repot untuk terus belajar yha! Untungnya, belajar gak ribet deh di QuBisa!

Jadi gimana nih, sudah semakin pede untuk bersaing di dunia kerja sekarang ini yang serba digital dan menuntut kita memiliki public speaking yang baik dan bagus di setiap kesempatan berdiskusi, berbincang hingga presentasi dengan rekan dan mitra kerja?

 

Mengasah Kemampuan Public Speaking di Acara Kantor

Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Nah buat teman-teman yang juga mau upskilling dan reskilling  melalui aplikasi siap kerja QuBisa supaya bisa semakin pede mempersiapkan diri di dunia kerja bisa banget langsung kulik materi-materi kursus yang diberikan. Dalam platform aplikasi belajar online ini tersedia materi-materi yang disediakan, yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan target yang ingin kita kejar. Fleksibilitas tersebut tentu menjadi cara belajar efektif yaa untuk uspskilling dan reskilling kemamouan kita. Nah, berikut kategori-kategori pembelajaran yang tersedia di QuBisa:

Golden PoinQu yang berisikan hasil poin-poin yang kita kumpulkan setiap mengikuti sesi kursus, poin ini juga bisa kita gunakan untuk membayar kursus yang ingin kita ikuti loh! Menarik ya, belajar gak ribet dan dapet poin untuk belajar lagi!

Belajar + Cuan Bareng, di sini kita bisa membagikan kode referral QuBisa ke kerabat dan rekan-rekan kita loh, benefit yang akan diperoleh dari kode referal ini, teman yang bergabung bisa mendapatkan 50% diskon untuk mengikuti kursus berbayar dan kita mendapatkan 10% referral fee dari biaya kursus tersebut, wahhhh berbagi informasi yang layak untuk upskilling dan reskilling skill juga bisa mendatangkan profit langsung buat kita nih!

Kompetisi Blog QuBisa! Buat teman-teman yang memang sedang berusaha upskilling dan reskilling skill dengan belajar dan kursus online di QuBisa bisa banget loh sekaligus menuliskan pengalamannya via blog dan ikut serta dalam kompetisi blog QuBisa untuk mendapatkan total hadiah 10 juta rupiah loh! Masih ada waktu nih buat ikutan kompetisinya karena batas waktu submisi lomba sampai 10 Desember mendatang!

Kompetisi Blog QuBisa

Goes to Campus merupakan program kolaborasi QuBisa dengan pusat karir beragam perguruan tinggi untuk bersama-sama mempersiapkan mahasiswa yang kompetitif dan siap menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.

Sukses Millenial menjadi program yang bisa kita ikuti untuk meningkatkan kemampuan personal di berbagai bidang karir mulai dari kategori kemampuan dasar, agilitas, kepemimpinan, inovasi, dan keseimbangan diri.

Digital Millenial, menariknya program ini bisa kita pelajari untuk menguasai topik digital terkini mulai dari level pemula sampai ahli yang dibagi menjadi kategori perkembangan digital, produktivitas digital, analisis data digital, komunikasi & kolaborasi digital, keamanan informasi digital dan publikasi konten digital.

Siap Kerja merupakan kumpulan kelas kerja agar kita bisa upskilling dan reskilling kemampuan kita nih sesuai passion, bakat dan kebutuhan.

Pengembangan Karir, kita bisa melanjutkan pembelajaran dengan materi-materi pengembangan karir di program ini.

Webinar merupakan kumpulan program webinar yang bisa kita tonton sesuai kebutuhan dan minat.

Kursus merupakan daftar kelas kursus yang bisa kita ikuti sesuai tema. Materi kursus berupa video ayng bisa kita putar berulang kali. Kita bisa menonton video baik dengan status kursus online gratis, membayar menggunakan poin atau pun yang berbayar rdengan nominal rupiah.

Belajar Kilat merupakan kumpulan video-video pendek tentang materi atau tema-tema sesuai kebutuhan dunia kerja.

Microlearning, menarik sekali nih materi-materi yang tersedia di microlearning, bagi para content creator recommended banget nih untuk mempelajari materi-materi microlearning mulai dari membuat konten instagram, mempelajari algoritma instagram, sosial media marketing via instagram, backlink, google page authority dan banyak materi lainnya yang relate dengan kebutuhan upskilling dan reskiliing seorang content creator.

Artikel yang berisikan beragam artikel yang membantu menambah informasi seputar dunia kerja dan skill digital yang perlu kita persiapkan di dunia kerja.

Wahh lengkap banget nih program-program pembelajaran yang tersedia di QuBisa, beragam cara meningkatkan personal branding yang dibutuhkan dalam dunia kerja juga komplet untuk dipelajari, para pematerinya pun orang-orang yang ahli di bidangnya! Jadi jangan tunggu lama-lama, yuk langsung bergabung dan jangan menunda lagi untuk mempersiapkan diri di dunia kerja masa depan! Upskilling dan reskilling kemampuan dari mana saja melalui platform QuBisa, atau via apps nya yang bisa diunduh di PlayStore maupun AppStore. Tentu upskilling dan reskilling via QuBisa menjadi cara belajar efektif di masa pandemi sekarang ini!

40 comments

  1. Nah ini menarik banget ulasannya. Kalau tadi ada Kak Eka yang belajar ilustrasi di QuBisa sekarang ada Kak Wulan yang belajar public speaking. Menarik banget ini ternyata platform QuBisa memberikan pilihan lengkap bagi mereka yang ingin mengasah skillnya untuk terus berkarya selama pandemi ini. Makasih ulasannya Kak.

    ReplyDelete
  2. Nah ini menarik banget ulasannya. Kalau tadi ada Kak Eka yang belajar ilustrasi di QuBisa sekarang ada Kak Wulan yang belajar public speaking. Menarik banget ini ternyata platform QuBisa memberikan pilihan lengkap bagi mereka yang ingin mengasah skillnya untuk terus berkarya selama pandemi ini. Makasih ulasannya Kak.

    ReplyDelete
  3. Waaaah, tertarik mencoba untuk poin gunakan aksi fisik nih, kak.. bisa jadi sarana mencurahkan bakat terpendam juga, asalkan relevan dengan apa yang akan disampaikan, boleh ya kak, berarti? :)

    ReplyDelete
  4. Publik Speaking memang salah satu skill yang harus dikuasai ya, Mbak. Apalagi setiap tahun, persaingan dunia kerja semakin berat.
    Syukurlah sekarang ada QuBisa. Bisa kursus Publik Speaking tanpa harus keluar rumah.

    ReplyDelete
  5. Saya juga sudah coba aplikasi Qubisa kak. Kemarin dapat sedikit tentang Self Branding. Bermanfaat banget untuk meningkatkan pemahaman dan tindakan ke depan. Apalagi Qubisa ini bisa diakses di mana saja. Jadi lebih mudah untuk mendapat ilmu.

    ReplyDelete
  6. Qubisa selalu bisa diandalkan dalam membantu kita mengembangkan skill dan merencanakan karir kita, lebih-lebih di masa digital seperti saat ini. Public speaking menjadi salah satu modal utama juga

    ReplyDelete
  7. sepertinya aku perlu mengikuti kelas public speaking dari qubisa ini, soalnya ngerasain juga pas komunikasi suka keliru.

    ReplyDelete
  8. Emang bermanfaat banget qubisa. Aku udah cobain beberapa kursus onlinenya dan banyak banget ilmu yang kudapat

    ReplyDelete
  9. Saya ini belum terbiasa ngomong lancar di depan publik. Kayaknya perlu banget nih upgrade skill public speaking di QuBisa. Blogger juga perlu dong belajar public speaking, mana tau kan suatu saat diundang jadi pembicara/narasumber, aaamiiin....

    ReplyDelete
  10. Public speaking ini penting banget untuk dikuasai. Soalnya bicara di depan orang ternyata ga mudah juga.

    ReplyDelete
  11. Sepertinyaaaa ... aku harus ikut kursus public speaking ini nih. Sejujurnya, aku bukan orang yang suka berbicara di depan umum. Tapi ada aja kondisi yang memaksa untuk itu.

    ReplyDelete
  12. Wow lengkap banget belajar bersama QuBisa. Dijamin bakal menguasai berbagai ilmu kalau sungguh2 belajar disini. Dunia digital memang harus dibarengi SDM yang mumpuni dibidang digital. Harus upgrade skill, mengasah keterampilan supaya siap menghadapi persaingan dunia kerja yang makin ketat.

    ReplyDelete
  13. Public speaking ini tuh kayak mudah, tapi kalo dipraktikan tuh susah bangeeeet. Senang ya, Kak Wulan bisa belajar Public Speaking di QuBisa dan mempraktikannya juga langsung pas di acara kantor.

    Berbicara di depan umum ini memang jadi salah satu skill yang mesti banget dikuasai nih.

    ReplyDelete
  14. Wah, saya langsung ke sana, mau ambil kursusnya. Kadang saya diminta dadakan mengisi acara sehingga semampunya saja.

    ReplyDelete
  15. Saya juga belajar dari Pak Latif. Cukuo membantu saya saat ngasih materi. Tapi yang ini belum sih.. Boleh kapan2 ditonton

    ReplyDelete
  16. Memang benar jika kemampuan public speaking itu benar2 dibutuhkan banget ya kak terutama membuat audiens akan tertarik atau tidak dgn presentasinya... Contohnya tak jarang kita liat seminar pesertanya ada yg antusias ada yg tidak padahal, 7 menit pertama bisa jadi berpengaruh supaya audiens lebih semangat mendengarkannya.

    ReplyDelete
  17. keren, kak.. abis ikut kursus bisa langsung dipraktekkan yaa hihi.. di QUBisa memang ada banyak banget pilihan kursus maupun microlearning. sangat bermanfaat buat anak2 muda zaman sekarang

    ReplyDelete
  18. Anak saya yang kuliah harus upgrade skill juga nih di Qubisa. Bisa nambah wawasan juga

    ReplyDelete
  19. wah iya, kemampuan public speaking itu penting ya mbak
    makanya perlu untuk diasah, salah satunya dengan ikut kursus online di QuBisa ini

    ReplyDelete
  20. Wah bisa belajar public speaking secara online di aplikasi Qubisa yaaa. Enak ya praktis walau dirumah tetap bisa belajar upgrade skill

    ReplyDelete
  21. Udah megang banget kak Wulan yaa..mengenai Public Speaking. Tapi salut banget masih terus belajar di aplikasi belajar online terbaik, Qubisa. Bener-bener sangat bermanfaat sekali mengetahui tips dan trik berbicara yang enak dan nyaman.

    ReplyDelete
  22. Aku juga kemarin sempet cobain short course di QuBisa belajar personal branding sama belajar soal public speaking. padahall di luaran mahal bangett. eh di Qubisa gratis doonngg

    ReplyDelete
  23. Mantap banget emang QuBisa in, menyedikan banyak kursus yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan sih ya. AKu kemarin ambil kelas fotografi dasar. menyesuaikan hobi baru sih ini

    ReplyDelete
  24. Ahh makasih rangkumannya mbak. Aku mau ambil kelasnyatapi belum sempat nih. Ternyata lagu juga bisa ya, jadi inget waktu ikut ESQ dulu hihi

    ReplyDelete
  25. Public speaking nih bener2 masalah utama aku dalam hidup 🙈 gak cuma untuk karier, tapi di kehidupan sosial pun jg berpengaruh besar. Kayaknya aku bakal tengok kelas2 yang bisa kuambil deh buat kembangin diri di sini.

    ReplyDelete
  26. Wah pas banget nih akupun lagi pengen belajar public speaking biar lebih mumpuni ketika berinteraksi dengan kolega juga orang baru mumpung di Qubisa ada tema yang dibutuhkan

    ReplyDelete
  27. Beragam sekali ya, pilihan materi di QuBisa. Bisa buat anak muda untuk persiapan mencari kerja, bisa juga untuk ibu rumah tangga untuk mengasah potensinya biar dapat produktif dari rumah.

    ReplyDelete
  28. Terima kasih tips public speakingnya. Saya pernah pakai yang trik sulap, buat anak-anak sekolah minggu. Berhadapan dengan anak-anak tuh juga butuh public speaking biar perhatian mereka gak oleng.

    ReplyDelete
  29. Saya sudah coba aplikasi siap kerja QuBisa. Malah sudah coba produk premiumnya dan berbayar untuk kelas desain animasi. Beruntung banget bisa belajar di sini karena ada banyak pembelajaran gratis yang mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  30. 7 detik, waktu yang sangat singkat dan jadi penentu basa basi selanjutnya ya kak. Kalau srek, ya lanjut yang lebih seru obrolannya

    ReplyDelete
  31. Public speaking penting dikuasai dalam dunia kerja. Belajar di QuBisa lebih mudah karena waktunya fleksibel.

    ReplyDelete
  32. Wah, komplit banget ini skill public speaking-nya Wulan. Sukses juga buat lombanya ya.

    ReplyDelete
  33. aku juga banyak belajar dari QuBisa nih, soal public speaking juga personal development. ngebantu banget untuk membangun kepercayaan diri

    ReplyDelete
  34. Tips yg sgt bermanfaat krn sy sering jg diminta berbicara di depan banyak orang, sehingga msh perlu banyak belajar lg tuk upgrade diri .

    ReplyDelete
  35. Menarik nih
    Daftar ah
    Banyak yang gak paham bahwa kemampuan public speaking harus dimiliki setiap orang
    Bahkan untuk memimpin arisan tingkat RT , kita butuh public speaking

    ReplyDelete
  36. ah iya, kemampuan public speaking itu penting banget ya kak
    Makasih lho tipsnya
    mau intip kelas public speaking di QuBisa ah

    ReplyDelete
  37. Setuju banget
    Kita harus selalu upscalling dan reskilling khususnya untuk public speaking yang gak didapat di sekolah
    Padahal dibutuhkan di semua lini kehidupan kita

    ReplyDelete
  38. Ilmu yang masih perjuangan banget kupelajari juga nih Public Speaking.. Sesuatu yang nggak mudah lho membuka suatu presentasi gitu. Apalagi kalo lagi presentasi langsung, dilihat banyak orang.

    Aku pun pakai QuBisa buat belajar. Kelasnya banyak juga nggak gratis tapi berisi.

    ReplyDelete
  39. Tips belajar public speaking yang baik banyak juga ya ternyata hehe. Dan saya setuju kemampuan public speaking jadi salah satu skill yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Dan saya seneng banget ketika tahu ada aplikasi QuBisa yang memfasilitasi kita untuk upskilling dan reskilling

    ReplyDelete
  40. Melihat ulasannya sepertinya qubisa ini patut dicoba untuk upgrading skill biar lebih mantep, selain itu bisa langsung dipraktekkan tanpa perlu datang ke suatu tempat untuk kelas offline juga, terimakasih sharingnya yaa mbak 🥰

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation