Masak Mie Gomak (Spaghetti) khas Batak gara-gara Corona!

36 comments

Selama pandemi corona dan aku menjalani self-quarantine bareng temen-temen di mess kantor bener-bener mengubah kebiasaan kami deh. 

Karena memang kami tinggal bersama dan menggunakan fasilitas kantor bersama-sama dan potensi penularan Covid-19 akan lebih mudah makanya management kantor sangat ketat menerapkan stay at home banget deh (means stay di mess kantor ya, bekerja di mess, melakukan hiburan-hiburan di mess, makan-makan di mess), pun kami sangat membatasi diri pergi keluar untuk bertemu orang non urusan kantor termasuk keluarga. Karena bisa saja kami membawa potensi virus dan menularkan ke keluarga atau pun sebaliknya.

Sejak Maret di awal-awal self-quarantine kami jadi sering masak-masakan bareng di dapur setiap hari Minggu. Berbagai resep makanan favorit kami coba satu per satu, mulai dari makanan Asia seperti sushi, bibimbab, tomyam, makanan eropa dan mexico seperti spaghetti, taco, beef griil, dan pasti ke berbagai masakan nusantara salah satunya yang paling sering kami masak: Mie Gomak!

Mie gomak sebetulnya olahan mie khas Batak yang pastinya sarat rempah dan wajib nih pakai bumbu andaliman supaya terasa rasa Batak-nya! hehe. Sepintas kalau mie gomak sudah masak dan di-platting cantik penampilannya akan mirip seperti spaghetti loh! Tapi, buatku mie gomak lebih enak karena sarat rempah dan sesuai sama selera lidahku! Hahaha...

masak on the go!
Masak on the go!

Jadi kenapa sering banget masak mie gomak? Karena hampir seluruh penghuni kantor tuh orang-orang batak dan mie gomak emang seenak itu guys! Buat yang penasaran mau cobain masak mie gomak boleh banget ya di recook resep ini.

Mie Gomak Tumis


Resep Mie Gomak Tumis

Bahan-bahan:

  • 1 L kaldu ayam/sapi
  • 500 ml santan
  • 500 gr mie lidi
  • 5 bonggol Sawi hijau, potong-potong
  • 1 bonggol Sawi putih, potong-potong
  • 1 buah tomat, iris tipis-tipis
  • Protein bisa dipilih sesuai selera: ikan sarden / ayam / daging / telur
  • Minyak goreng secukupnya


Bumbu-bumbu:

  • 5 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 ruas jari lengkuas, memarkan
  • minyak goreng secukupnya


Bumbu halus:

  • 10 buah cabe merah
  • 10 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 7 butir kemiri
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 sdm andaliman
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya


Cara memasak:

  • Rebus mie dengan air dan tambahkan 3 sdm minyak goreng hingga masak, tiriskan
  • Panaskan wajan, tuang minyak goreng secukupnya
  • Masukkan bumbu halus hingga kecoklatan dan harum
  • Masukkan bumbu-bumbu
  • Tuang air kaldu perlahan, aduk merata
  • Masukkan protein, aduk merata
  • Tuang air santan, kecilkan api, aduk terus supaya santan tidak pecah
  • Masukkan mie lidi, aduk merata
  • Masukkan sayur perlahan, aduk merata
  • Angkat dan siap disajikan

Karena mie gomak ini banyak banget versinya sesuai daerah di Sumatera Utara dan juga varian mie gomak kuah, tumis dan goreng buat yang mau eksplorasi lebih lanjut bisa di cek kumpulan reset dan cerita seputar Mie Gomak batak di Perpustakaan Budaya Indonesia.

Pas masak-masakan bareng begini, lebih terasa sih ya kerjasama dan kebersamannya plus diselingi canda-tawa jadi mengurangi rasa stres juga. Btw ini, kami kepanasan loh ya masak-masak di dapur sampai minim es Kiko sembari masak, ahahaha.



Lumayan juga ya, selama corona ini aku jadi makin sering masak dan eksplor beragam menu-menu Nusantara plus menu luar juga hehe. Pssst, selama aku masak-masak sendiri belakangan ini, budget makan ku jauh jadi lebih irit loh.

36 comments

  1. Kak, beli mie mentahnya dimana?
    Yang kutahu mie Gomak khusus mie-nya. Gede-gede gitu. Kalau pakai mie telor ga cocok. Tapi memang beneran enak mie Gomak Batak, 5 tahun tinggal di Sumut jatuh cinta akutuuu...bumbu mienya berempah banget, Sedeeep!!
    Ini seru banget ya bisa masak bareng-bareng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg aku tau di pasar Senen Ama pasar Ampera banyak mba. Yg penjualnya banyak Batak. Ato coba cari market place. Iyaa, mienya memang hrs khusus :)

      Delete
    2. aku biasanya beli mie lidi di Pasar Tebet atau di Gelael Tebet nih mba, dan selalu ada. Iyaa emang bumbunya tuh enak banget makanya ketagihan masak mulu hahahah, jadi menu andalan deh

      Delete
  2. Auto ngiler liat penampilan masakannya, mie nya gede2 memang mirip spagheti. Tapi memang beda ya, banyak bumbu yang dipakai. Aku belum pernah pakai bumbu andaliman, pengen coba masak juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, relatif jadi lebih sehat juga kan dibanding masak mie instan, dan lebih kaya rempah emang rasanya

      Delete
  3. Dulu teman saya pernah ke Medan dan baliknya saya dioleh-olehin mie yang gede-gede.
    Saya googling masaknya kayak gimana, nemulah mie gomak ini.
    Tapi pas udah matang, gagal sodara hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahhaha kenapa gagal mba? salah pas ngerebus ya?

      Delete
  4. Dari awal baca, pengen cobain. Pas sampai di bumbu andaliman ... bingung, di Makassar bisa dapat di mana ya hehehe .... menikmati di blog sini saja dulu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eheheheh,,, iya yaa, bingung nih klo di Makassar apa bisa nemuin bumbu andaliman

      Delete
  5. Huaa kalau gini sih di mess aja seru judulnya ya Kak hehehe.. Asyik dan kompak banget deh kalian.. Mie Gomaknya kayaknya enak banget, besok coba bikin juga ah..

    ReplyDelete
  6. Bisa kompak banget masak2 bareng temen sekantor. Apalagi kalo menunya emang favorit semua.
    Aq pengen nyobain tapi disini nggak ada andaliman

    ReplyDelete
  7. kalo pake mie biasa tapi bumbunya itu bisa nggak sih
    penasaran sama rasanya

    ReplyDelete
  8. Krn aku org Batak, mie gomak itu slalu adaaaa dlm tiap acara Batak :D. Suka bangetttt :). Di suruh pilih spagetty ato ini, ya pilih gomak pastinyaaa :D.

    Tapi sayangnya di pasar Deket rumahku, mie lidi ga ada dijual mba. Kalo mau agak jauh dikit ke pasar Senen ato pasar Ampera, yg mana penjualnya banyak org Batak.

    Aku mau coba cari di market place sih. Kadang2 kalo mama ke JKT, aku suka nitip bawain mie lidiii :D

    ReplyDelete
  9. Kak, aku belum pernah makan mi gomak ini. Penampilannya langsung bikin laper. BTW di tempatku minya apa ada ya? kok belum pernah lihat mi lidi ini. Musti ke supermarket kali ya?

    ReplyDelete
  10. Wuih aku belum pernah makan mie Gomak..enak ya katanya, jadi semakin pengen nyoba nih.. Terima kasih resepnya :D

    ReplyDelete
  11. Lihat foto mie gomak di jam yang salah nih. Masih pagi, abis begadang dan perut memang lapar sangat. Untunglah ada resepnya. Habis ini mau ajak Pewe cobain resepnya ah, buat sarapan pagi ini. Makasi sudah berbagi resep ya, kak

    ReplyDelete
  12. 3 Tahun di Medan kemarin, mie gomak adalah kuliner yang sangat mudah ditemukan. Makananya pake sambel yang khas. Duh, jadi pengen makannya lagi. Tapi susah nyari mienya.

    ReplyDelete
  13. Momen momen kayak gini ini yang penuh kenangan manis dan gak mudah terlupakan. Teman rasa saudara judulnya. Selain uang makan jadi lebih irit, masak bersama tuh nambah bonding juga ya mba. Memperkuat rasa kebersamaan dan kekeluargaan

    ReplyDelete
  14. Masak masak emang salah satu cara menghindari kebosanan ketika dirumah aja selama pandemi kak. Malah bisa menambah skill juga. Seru bisa masak bareng bareng gtu

    ReplyDelete
  15. kayaknya enak nih mie gomaknya. Ijin catet resepnya dulu nih, biar nnti bisa uji coba maska bareng ama nyonya besar. he

    ReplyDelete
  16. Mie nya dengan campuran ragam sawi, ini mah udah kebayang enaknya. Untung ada resepnya, siapa tahu mau langsung praktik juga

    ReplyDelete
  17. Kebalikan sama aku nih, aku sejak korona malah jadi sering grabfood wkwkwkwk

    ReplyDelete
  18. Gegara corona,semua orang jadi super kreatif ya kak. Aku juga kalau ditumah juga masak menu baru tuk suami.

    Tapi liat liat mie gomak ini,keliatan nya enak deh. Jadi pengen coba masak juga di dapur

    ReplyDelete
  19. Aku itu penyuka mie. Dan langsung pengen bikin doooong kak!
    Apalagi pas banget ada mie kuning (sepertinya teksurnya mirip dengan mie lidi)
    Sedep nih buat disantap pas hujan-hujan hehe

    ReplyDelete
  20. penasaran ama mie Gomak ini, jujur blm pernah nyoba.sekilas mirip mie aceh ya...yg jelas aku juga suka mie yang bertabur rempah huhu..mantap bgt, makasih inspirasinya

    ReplyDelete
  21. wah aku suka pake banget sama mie gomak..tapi .ga ngerti bikinnya ... untung ada artikel ini mayan bisa eksekusi didapur sendiri timbang beli di resto.. mksh mbak resepnya..

    ReplyDelete
  22. Aduh menggoda banget mie gomaknya jadi pengen buat deh. Btw sekilas kok kaya mie Aceh ya hehe mie nya gede-gede gitu,

    ReplyDelete
  23. wah nyummy ini banget ini kak, makan mie gorang gomak khas batak pasti enak bangett

    ReplyDelete
  24. Wah kayaknya menggugah selera sekali mbak, ini apa sama kalau di daerahku namanya mi lidi ya? Ada yang jual bumbu rempahnya instan gak mbak?

    ReplyDelete
  25. Senangnya, tetap kompak semua yaaa.

    Teman-teman kantor tuh dulu banyak orang Batak. Mereka suka banget membanggakan mie yang satu ini. Paling enak sedunia katanya, hahaha ...

    Memang sih, mie-nya gede-gede gitu kan ya jadi beneran mirip spaghetti.

    ReplyDelete
  26. Malah salfok ama es kiko. Ternyata masih ada dan belum punah ya. Hahaha

    (Deny Oey)

    ReplyDelete
  27. Ya ampun baru sabtu ini makan mie gomak buatan emak...rasanya sihh enak, tp dasarnya aku yg gak doyan. Tp dikit beda...kalau mie gomak yg kakak masak mie gomak kering ( goreng) kayaknya, kalau yang dimasak mamak yg berkuah...tp keren banget sihh kak bsa masak mie gomak, kalau akuu bisanya bagian makan aja...

    ReplyDelete
  28. Aduh, jadi laper liat tampilan mienya yang menggoda banget. Jadi pengin nyobain resepnya. Tapi si andaliman ini nyarinya susah gak Kak? Terus misal mienya diganti pake mie spaghetti bisa gak sih? Beneran auto ngiler. Hehe

    ReplyDelete
  29. Dari dulu pengen banget nyicipin mi gomak ini tapi belum kesampean. penasaran sama rasa bumbu andalimannya. lada khas Batak

    ReplyDelete
  30. Tampak menggoda banget bumbu rempahnya, Kak! Auto-ngiler nih jadi pengen nyobain! Cuma kalo masak sendiri kayaknya belum bisa deh hahaha
    Aku nanti tunggu dikirim aja sama Kak Wulan hihihi

    ReplyDelete
  31. Bumbu Andaliman, baru denger saya. Kuliner Indonesia memang kaya.

    ReplyDelete